ESDM dan Kemenkeu Meningkatkan Knowledge SEO untuk Implementasi Kegiatan EITI Indonesia

6 Mei 2024 10:18:07

ESDM dan Kemenkeu Meningkatkan Knowledge SEO untuk Implementasi Kegiatan EITI Indonesia

6 Mei 2024 10:18:07 Berita 27

Kementerian ESDM melalui Sekretariat EITI Indonesia telah menyelenggarakan transfer knowledge/capacity building dengan tema Implementasi Search Engine Optimization (SEO) Kedalam Platform WordPress dan Youtube Management. Transfer knowledge yang berlangsung selama dua hari (5-6 April) bertujuan   untuk  memberikan pengetahuan, pemahaman, serta meningkatkan kapasitas dan kemampuan pengelola Sekretariat EITI Indonesia tentang SEO kedalam platform wordpress dan youtube management. Sebanyak delapan peserta dari Pusdatin, Biro KLIK Kementerian ESDM serta Biro KLI  Kementerian Keuangan ikut serta dalam kegiatan ini. Selain materi mengenai SEO media sosial, materi lain yang diberikan adalah Smart Media Relations.

Saat memberikan sambutan transfer knowledge,  Koordinator Kajian Strategi, Pusat Data Dan Informasi Kementerian ESDM Catur Budi Kurniadi mengatakan materi-materi yang disampaikan dalam transfer knowledge telah disusun sesuai kebutuhan Sekretariat EITI Indonesia untuk meningkatkan intensitas komunikasi publik program-program EITI. Oleh karena itu, dia berharap transfer knowledge dapat meningkatkan wawasan dan meningkatkan kapasitas para peserta mengenai SEO Media Sosial dan Smart Media Relations. ”Semoga transfer knowledge dapat bermanfaat untuk mendukung transparansi sektor ekstraktif. Terlebih pada akhir tahun 2023, Sekretariat EITI Indonesia juga akan me-launching website EITI yang baru,” ujar Catur.

Dua narasumber yang memberikan materi pelatihan merupakan para expert di bidangnya. Untuk materi SEO media sosial disampaikan oleh Catur Puji Waluyo atau yang akrab dipanggil  Catur PW, expert dalam bidang digital marketing strategist dan sering menjadi narasumber -pelatihan di Kementerian/Lembaga. Secara garis besar, Catur PW menjelaskan empat hal utama seperti: pengunaan platform wordpress untuk meningkatkan  kecepatan website, pembuatan konten yang berkualitas dan relevan, meningkatkan keterlibatan pengguna, penggunaan tools untuk pemantauan dan pengukuran SEO serta analisa dan rekomendasi. Penyampaikan materi SEO Media Sosial juga diselingi small workshop atau praktik langsung. Sedangkan materi Smart Media Relations disampaikan oleh Heri Rakhmadi, konsultan humas yang berpengalaman mengelola kampanye komunikasi publik di Kementerian/ Lembaga. Heri yang saat ini juga dipercaya sebagai anggota Dewan Penasehat BPP Perhumas menjelaskan tiga hal dalam paparannya yaitu  PR di era digital dan disruptif, mengelola media event yang efektif, dan mengelola wawancara media. Semua peserta antusias mengikuti kegiatan transfer knowledge. Selain penyampaiannya menarik, materi yang disampaikan banyak memuat hal-hal baru yang sangat bermanfaat dan berguna. Setidaknya, hal tersebut diungkapkan Berto Theo Jonanta, salah seorang peserta dari Biro KLIK Kementerian ESDM. Hal yang sama juga diungkapkan oleh peserta dari Biro KLI  Kementerian Keuangan,Ahmad Faiz Arrozi.